//Penjelajahan

Penjelajahan

Dua puluh lima orang (25 orang) yang terdiri dari ahli geologi, antropologi, sosilogi, film maker dan penulis akan menjelajahi wilayah wilayah yang dilalui oleh Sesar Palu Koro, Ekspedisi ini kami namai dengan Ekspedisi Sesar Palu Koro. Sulawesi sendiri memiliki empat Sesar, yaitu Sesar Koro, Sesar Saddang, Sesar Matano, dan Sesar Gorontalo.

Sesar Koro ini, memotong Kota Palu (Lembah Palu) dan Sungai Lariang pada segmen Sungai Koro (Lembah Koro). Lajur sesar, memanjang mulai dari sekitar batas perairan Laut Sulawesi dengan Selat Makassar sampai pantai utara Teluk Bone. Panjangnya sekitar 500 km. Di darat, sesar ini mempunyai panjang sekitar 250 km, mulai dari Teluk Palu sampai pantai utara Teluk Bone. Sesar ini diduga sebagai salah satu patahan yang mengkhawatirkan. Wilayah yang rawan akibat aktifitas sesar ini antara lain : Kabupaten Buol, Toli-toli, Donggala dan Kota Palu.

Ekspedisi akan menyusuri wilayah-wilayah yang dilalui sesar patahan gempa, selain melihat dan meneliti soal kebumian, juga tim akan mengunjungi berbagai perkampungan di sekitarnya serta memotret keseharian dan berbagai kearifan lokal yang masih terpelihara.