//Ekspedisi Palu Koro Virtual

Ekspedisi Palu Koro Virtual

Belajar dari Sejarah

Peristiwa bencana 28 September 2018, gempa tsunami dan likuifaksi yang terjadi di Sulwesi Tengah sampai saat ini masih menyisakan persoalan. Tentu membutuhkan waktu yang tidak cepat membangun kembali wilayah-wilayah yang telah hancur karena bencana.

Jauh sebelum peristiwa tersebut terjadi, sebuah tim yag beranggotakan berbagai lembaga diantaranya Perkumpulan Skala, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Aksi Cepat Tanggap (ACT), Universitas Tadulako, Nemu Buku, Forum PRB melakukan perjalanan menyusuri wilayah-wilayah yang diperkirakan adalah wilayah yang dilalui oleh sesar Palu-Koro. Perjalanan tersebut diharapkan akan menghasilkan sebuah buku, film dokumenter yang akan dijadikan sebagai bahan kampanye sekaligus sosialisasi ke masyarakat tentang sesar Palu-Koro.

Dalam penyusuran yang dilakukan tahun 2017 dan 2018, ada banyak hal yag kami temuai, selain pengalaman masyarakat menghadapi bencana yang selalu berulang, juga pengetahuan-pengetahuan sederhana tentang bencana gempa, tsunami masih melekat di ingatan beberapa orang tua yang ditemui oleh tim ekspedisi. Pengetahuan tersebut memang hanya ada di dalam ingatan.

Bukan hanya pengetahuan lokal yang memang banyak kami temui, tetapi, orang-orang yang kami temuai dan wawancara minim pengetahuan tentang kesiapsiagaan. Selain itu pengalaman bencana yang kerap terjadi, tidak mengubah model pembangunan yang berlangsung di Sulawesi Tengah. Peristiwa bencana yang kerap terjadi tidak menjadi pengalaman berharga untuk mengubah penataan tata ruang, terutama di wilayah-wilayah yang dilalui oleh sesar palu-Koro.

Untuk itulah dalam rangka napak tilas perjalanan ekspedisi Palu-Koro kami akan mengadakan ekspedisi virtual, untuk mengikuti perjalana kami sebelum terjadi gempa, tsunami dan likuifaksi.

Bersama:
1. Reza Permadi – IAGI
2. Lien Sururoh – Perkumpulan Skala
3. Indra C. Baligau – Universitas Tadulako
4. Wahyu Novian – ACT

Moderator:
Trinirmalaningrum – Direktur Perkumpulan Skala

Waktu & Tempat:
Minggu, 27 September 2020
Pkl. 13.00 s/d selesai
via http://bit.ly/DaftarPaluKoroVirtual

CP:
Ono 082297464906